Filter Pencarian
Icon Back
Semua Lokasi
Icon Back
Semua Tipe
Icon Back
Pilih Model

Honda Jazz Ge8, Matic atau Manual? Simak Faktanya!


Honda Jazz Ge8, Matic atau Manual? Simak Faktanya!

Honda Jazz GE8, generasi kedua dari Jazz yang dipasarkan di Indonesia dari tahun 2008 hingga 2013, masih menjadi salah satu hatchback bekas paling digemari. Kombinasi desain sporty, kabin lapang, mesin tangguh, dan biaya perawatan yang relatif terjangkau membuat Jazz GE8 tetap menjadi primadona.

Namun bagi calon pembeli unit bekas, muncul dilema klasik: lebih baik pilih versi matic atau manual? Keduanya punya keunggulan dan kelemahan masing-masing, terutama jika dilihat dari segi ketahanan, efisiensi, kenyamanan, dan nilai jual kembali. Artikel ini akan membedah tuntas perbandingan Jazz GE8 matic vs manual khusus untuk unit bekas berusia lebih dari 10 tahun.

Sekilas Tentang GE8

Jazz GE8 hadir menggantikan generasi GD3, dengan tampilan yang lebih modern dan fitur lebih lengkap. Mobil ini mengusung mesin 1.5L i-VTEC (L15A), menghasilkan tenaga 120 PS dan torsi sekitar 145 Nm. Tersedia dalam dua pilihan transmisi:

  • Manual 5-percepatan
  • Otomatis 5-percepatan (torque converter, bukan CVT)

Fakta bahwa Jazz GE8 belum menggunakan transmisi CVT menjadi nilai plus tersendiri bagi pecinta durability, karena torque converter dianggap lebih tangguh dibanding CVT yang sensitif terhadap perawatan.

 

Baca juga: Suzuki Karimun Bekas, Solusi Keluarga Muda

 

Ketahanan Transmisi Jazz Ge8

Transmisi Manual

  • Umumnya sangat awet jika dipakai dengan baik.
  • Perawatan cukup dengan rutin ganti oli transmisi (sekitar setiap 40.000 km) dan menjaga teknik mengemudi (tidak sering setengah kopling).
  • Jika rusak, komponen relatif murah dan mudah dicari.

Transmisi Matic

  • Menggunakan sistem torque converter yang cukup tangguh, namun tetap rentan bila telat servis.
  • Rentan mengalami perpindahan gigi kasar, slipping (gigi tidak langsung masuk), atau kebocoran oli matic.
  • Butuh penggantian oli matic (ATF-Z1 atau DW-1) secara rutin, idealnya setiap 40.000 km.
  • Overhaul matic bisa memakan biaya Rp7–10 juta jika bermasalah.

Kesimpulan:
Dalam jangka panjang, versi manual cenderung lebih tahan banting dan lebih murah perbaikannya.

Interior Honda Jazz Ge8 RS AT 2011 Bekas di Mocil.id
Sumber: Listing Mocil.id

Sisi Kenyamanan Jazz Ge8

Di sisi kenyamanan, tentu saja transmisi otomatis lebih unggul, terutama untuk pemakaian harian di kota besar yang rawan macet. Tidak perlu repot menginjak kopling membuat pengalaman berkendara lebih santai, apalagi jika digunakan oleh pengemudi pemula atau wanita. Sebaliknya, transmisi manual memberikan kontrol yang lebih penuh kepada pengemudi. Bagi sebagian orang, ini memberikan sensasi berkendara yang lebih menyenangkan, meskipun bisa melelahkan di kemacetan.

Penggunaan Bahan Bakar Jazz Ge8

Soal konsumsi bahan bakar, GE8 dengan transmisi manual umumnya lebih irit karena tidak ada slip seperti pada transmisi otomatis, efisiensi energi menjadi lebih baik. Pada pemakaian dalam kota, GE8 manual bisa mencatat konsumsi 12–13 km/l, sementara versi matic berkisar 10–11 km/l. Di luar kota atau jalan bebas hambatan, keduanya bisa jauh lebih hemat, dengan manual unggul tipis di kisaran 16–18 km/l.

Harga Honda Jazz Ge8 Bekas per tahun 2025

Jika teman Mocil tertarik untuk meminang series hatchback milik Honda ini, berikut adalah penawaran simulasi kredit yang Mocil berikan:

HONDA JAZZ 1.5L S AT 2009

TDP: Rp 17.578.400

Cicilan: Rp 3.105.000/bulan

Tenor: 5 Tahun

 

HONDA JAZZ RS AT 2011

TDP: Rp 24.911.600

Cicilan: Rp 3.628.400/bulan

Tenor: 5 Tahun

 

HONDA JAZZ RS AT 2014

TDP: Rp 28.308.400

Cicilan: Rp 3.493.900/bulan

Tenor: 5 Tahun

Catatan: Harga di atas bergantung pada lokasi unit, transmisi, tahun produksi, jarak tempuh, dan lain-lain. Cek selengkapnya di sini.

Biaya Perawatan Ge8 Matic vs Manual

Sementara itu, biaya perawatan kedua tipe ini juga perlu dipertimbangkan. Perawatan transmisi manual relatif murah. Komponen seperti kampas kopling bisa diganti dengan biaya sekitar Rp2–3 juta (*bergantung pada tiap wilayah), dan biasanya hanya perlu diperiksa setelah pemakaian di atas 80.000 km. Di sisi lain, perawatan transmisi matic membutuhkan perhatian lebih. Oli ATF harus diganti dengan tipe khusus (Honda ATF-Z1 atau DW-1), dan bila ada masalah serius seperti kerusakan solenoid atau valve body, biaya perbaikannya bisa membengkak hingga Rp8–10 juta (*bergantung pada tiap wilayah).

Mana yang Sebaiknya Dipilih?

Pilih GE8 Manual Bekas jika:

  • Ingin biaya perawatan rendah
  • Tidak masalah dengan kopling dan ganti gigi
  • Mengutamakan durabilitas dan efisiensi

Pilih GE8 Matic Bekas jika:

  • Sering kena macet di kota besar
  • Butuh mobil praktis untuk keluarga
  • Tidak ingin repot dengan ganti gigi
  • Siap dengan biaya servis matic yang lebih tinggi

 

Baca juga: 5 Kelebihan Kijang Innova 2014: Pilihan Tepat untuk Keluarga

 

Kesimpulan

Honda Jazz GE8, baik matic maupun manual, masih sangat layak dimiliki di 2025. Selama unit dirawat dengan baik dan dicek menyeluruh sebelum dibeli, mobil ini bisa menjadi teman harian yang irit, nyaman, dan menyenangkan dikendarai.

Jika teman Mocil mencari kepraktisan dan kenyamanan di jalanan padat, pilihlah matic. Tapi jika teman Mocil mengutamakan ketahanan, efisiensi, dan biaya servis yang minim, manual adalah jawabannya.

Ingat, mobil bekas yang baik bukan soal tipe transmisinya saja, tapi juga soal kondisi keseluruhan, perawatan sebelumnya, dan kecocokan dengan kebutuhan.

Artikel Lainnya

Cek Harga Mobil Agya Kredit Tahun 2020-2023

Cek Harga Mobil Agya Kredit Tahun 2020-2023

Halo teman Mocil! Lagi cari mobil bekas yang irit, ringkas, dan cocok buat harian? Toyota Agya bisa jadi pilihan menarik, apalagi kalau teman Mocil berencana meminangnya secara kredit. Tapi, sebenarnya berapa sih harga cicilan untuk Agya bekas tahun 2020-2023? Artikel ini akan membahasnya secara lengkap, yuk simak sampai habis. Kenapa Harga Kredit Mobil Agya Jadi […]

Review Mobil Camry di Kelas Sedan Menengah 2025

Review Mobil Camry di Kelas Sedan Menengah 2025

Teman Mocil, apakah kalian sedang mencari sedan sebagai kendaraan harian yang nyaman dan prestisius? Jika iya, mobil Camry mungkin muncul di daftar teratas. Namun, di tengah persaingan dengan sedan menengah lain seperti Honda Accord dan Mazda6, seberapa besar sebenarnya value yang ditawarkan Camry saat ini? Mari kita bahas bersama secara jernih dan menyeluruh. Tetap Eksis […]

Kelebihan HRV Prestige 1.8L untuk Penggunaan Harian

Kelebihan HRV Prestige 1.8L untuk Penggunaan Harian

Halo teman Mocil! Jika saat ini kamu sedang mencari mobil harian yang nyaman dan punya fitur lengkap tanpa perlu merogoh kocek terlalu dalam, maka HRV Prestige 1.8L bisa jadi salah satu alternatif yang patut dipertimbangkan. Artikel ini akan membongkar secara menyeluruh kelebihan dari HRV Prestige 1.8L yang sempat menjadi varian tertinggi HRV sebelum kehadiran versi […]

Mobil Sirion, Lincah di Kota Tapi Aman di Tol?

Mobil Sirion, Lincah di Kota Tapi Aman di Tol?

Teman mocil, jika kamu sedang mencari mobil kecil yang praktis, irit, dan punya fitur cukup lengkap, mobil Sirion keluaran Daihatsu bisa jadi pertimbangan. Namun, satu pertanyaan penting yang sering muncul adalah: “Apakah Sirion hanya cocok untuk dalam kota saja, atau masih nyaman digunakan di jalan tol dan luar kota?” Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita […]

Interior Xpander Ultimate vs Exceed: Ketahui Bedanya!

Interior Xpander Ultimate vs Exceed: Ketahui Bedanya!

Teman Mocil, siapa nih yang masih bimbang dalam mempertimbangkan interior Xpander, khususnya varian Ultimate vs Exceed? Biasanya, banyak orang yang bingung ketika membandingkan fasilitas keduanya. Artikel ini akan menjabarkan apa saja perbedaan dari segi interior nih! Yuk, simak sampai habis. Perbedaan Warna Interior Xpander Salah satu perbedaan yang paling mencolok adalah skema warna interior. Xpander […]

Harga Civic Type R Bekas, Simak Panduan & Alternatifnya!

Harga Civic Type R Bekas, Simak Panduan & Alternatifnya!

Teman Mocil, jika kamu saat ini tengah mempertimbangkan untuk memiliki sebuah Civic Type R, khususnya dalam kondisi bekas, artikel ini dapat menjadi referensi penting buat kamu lho! Banyak pertimbangan yang harus dipahami, bukan hanya soal harga, tetapi juga nilai yang kamu peroleh dari unit tersebut. Selain itu, artikel ini juga akan merekomendasikan beberapa unit alternatif […]

Halo, Selamat Datang Kembali di Mocil!

Masuk dan mulai cari mobil impianmu, atau jual mobil ke Mitra Mocil

Kami menghargai privasi Anda
Kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman penjelajahan Anda, menyajikan iklan atau konten yang dipersonalisasi, dan menganalisis lalu lintas kami. Dengan klik "Terima", Anda menyetujui penggunaan cookie oleh kami. Kebijakan Privasi.

Mobil Favorit