Toyota Agya 2024 hadir sebagai salah satu pilihan mobil entry-level yang banyak dilirik oleh berbagai kalangan, terutama bagi pengemudi pemula. Bahkan dalam kondisi bekas sekalipun, Agya masih sering jadi incaran. Walaupun saat ini belum ada keluaran tahun 2024 di Mocil.id, namun generasi Toyota Agya dari tahun sebelumnya tentu tak kalah menarik. Yuk, mari kita kupas secara mendalam dari berbagai aspek!
Salah satu keunggulan utama Toyota Agya 2024 adalah dimensi bodinya yang ringkas. Dengan panjang sekitar 3,7 meter dan lebar tak sampai 1,7 meter, Agya mudah dikendalikan di jalan sempit, area parkir terbatas, hingga gang-gang perumahan yang padat. Bagi pengemudi pemula yang belum terbiasa dengan manuver mobil, ukuran seperti ini sangat membantu untuk membangun rasa percaya diri.
Bahkan, saat harus parkir paralel atau mundur ke tempat sempit, bodi kecil Agya membuat pergerakan lebih presisi dan minim risiko bersenggolan. Dibandingkan mobil-mobil yang lebih besar, manuver Toyota Agya 2024 terasa ringan dan gesit, kriteria penting untuk pengemudi baru.
Salah satu pilihan terbaik untuk pemula adalah varian Toyota Agya dengan transmisi otomatis CVT. Dibandingkan transmisi manual, CVT (Continuous Variable Transmission) memberikan pengalaman berkendara yang lebih halus dan bebas stress.
Pengemudi pemula tak perlu lagi repot mengatur kopling dan gas saat macet atau tanjakan. Cukup injak pedal gas dan rem, mobil akan menyesuaikan rasio gigi secara otomatis. Hal ini sangat mengurangi risiko “mesin mati mendadak” atau kesalahan shifting gear yang sering dialami oleh pemula saat belajar mobil manual.
Baca juga: Cara Mudah Cicil Mobil Bekas: Panduan Lengkap untuk Pemula
Toyota Agya 2024 memiliki radius putar sekitar 4,5 meter, angka yang terbilang kecil dan ideal untuk penggunaan dalam kota. Artinya, untuk melakukan putar balik di jalan sempit atau manuver tajam, mobil ini bisa melakukannya tanpa perlu banyak koreksi setir.
Ini penting, karena banyak pemula yang belum terbiasa dengan perhitungan sudut putar atau panjang overhang mobil. Dengan radius kecil, Agya memberi fleksibilitas tinggi dalam navigasi tanpa membuat stres.
Posisi duduk Agya cukup tinggi untuk ukuran city car. Hal ini memberikan visibilitas yang baik ke depan dan samping. Jendela besar serta desain pilar A yang tidak terlalu tebal membuat blind spot lebih minim, sebuah keuntungan besar untuk pemula yang belum terbiasa membaca kondisi sekitar kendaraan.
Desain dashboard yang tidak terlalu menonjol ke depan juga membuat jarak pandang ke ujung kap mesin lebih jelas, memudahkan untuk memperkirakan posisi mobil saat parkir atau berhenti di keramaian.
Meski berada di segmen mobil LCGC (Low Cost Green Car), Agya 2024 tidak mengorbankan fitur keselamatan. Varian tertinggi sudah dilengkapi denga:
Untuk pengemudi pemula, kehadiran VSC sangat membantu mencegah mobil tergelincir saat menikung terlalu cepat atau di jalan licin. Sementara fitur HSA akan menjaga mobil agar tidak mundur saat berhenti di tanjakan hal yang sering jadi momok bagi pengemudi baru.
Sayangnya, kamera parkir belum tersedia secara standar di semua tipe. Namun, spion yang lebar dan posisi duduk yang tinggi cukup membantu visibilitas belakang saat mundur.
Toyota Agya terbaru menggunakan platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture), yang juga digunakan oleh mobil-mobil Toyota dan Daihatsu terbaru lainnya. Platform ini meningkatkan rigiditas sasis dan kenyamanan berkendara.
Meski mungil, Agya terasa cukup stabil untuk kecepatan harian. Setirnya juga ringan saat dibawa pelan, namun mengeras sedikit saat melaju kencang memberi rasa aman dan kontrol yang pas untuk pemula.
Suspensinya memang agak firm (keras), namun masih cukup toleran untuk pemakaian harian. Ban dengan profil kecil membuat feedback dari jalan cukup terasa, sehingga pengemudi bisa lebih “terhubung” dengan kondisi jalan.
Jika teman Mocil merupakan pengemudi pemula dan ingin meminang Agya bekas, berikut adalah simulasi kreditnya. Meskipun tak ada keluaran tahun 2024, Mocil.id menyediakan Agya dari tahun-tahun terdahulu yang bisa teman Mocil pertimbangkan. Berikut di antaranya:
TOYOTA AGYA 1.2L G AT 2018
TDP: Rp 16.230.000
Cicilan: Rp 2.807.800/bulan
Tenor: 5 Tahun
TOYOTA AGYA 1.2L S TRD AT 2019
TDP: Rp 17.335.200
Cicilan: Rp 3.110.800/bulan
Tenor: 5 Tahun
TOYOTA AGYA 1.2L GR AT 2022
TDP: Rp 20.676.000
Cicilan: Rp 3.849.800/bulan
Tenor: 5 Tahun
Catatan: Harga di atas bergantung pada wilayah unit, transmisi, jarak tempuh, dan sebagainya. Untuk informasi lebih lanjut, cek di sini.
Baca juga: Perbandingan Harga Mobil Calya Bekas dengan Agya
Satu hal penting yang juga jadi pertimbangan untuk pemula adalah biaya kepemilikan. Toyota Agya 2024 punya mesin 1.2L 3-silinder yang terkenal irit bahan bakar, bahkan bisa mencatat konsumsi BBM 18-20 km/liter (*bergantung pada tiap wilayah) dalam kondisi ideal.
Suku cadangnya mudah ditemukan, bengkel resmi banyak tersedia di berbagai daerah, dan biaya servis berkala tergolong murah di daerah tertentu. Hal ini sangat meringankan bagi pengemudi pemula yang mungkin baru membeli mobil pertamanya dan belum siap dengan biaya servis yang mahal.
Jawabannya: YA, Toyota Agya 2024 bekas sangat layak untuk pengemudi pemula.
Dengan dimensi kompak, setir ringan, transmisi CVT, serta fitur keselamatan yang cukup lengkap, mobil ini bisa menjadi kendaraan belajar yang ideal, baik untuk kebutuhan harian, antar-jemput, maupun sebagai kendaraan pertama yang ekonomis dan minim ribet.
Bagi teman Mocil yang baru mendapatkan SIM dan ingin mobil yang mudah dikendalikan, irit, serta punya reputasi purna jual yang baik, Toyota Agya 2024 bisa jadi pilihan. Begitu pula dengan tahun-tahun produksi sebelumnya, yang juga menarik dan bisa jadi pertimbangan.