Teman Mocil, siapa nih yang setuju dan relate? Kalau memiliki mobil Eropa, khususnya BMW, masih menjadi impian banyak pecinta otomotif.
Dari sekian banyak model, BMW F30, generasi keenam dari Seri 3 yang diproduksi antara 2012 hingga 2019, menjadi pilihan paling masuk akal. Terutama karena harganya yang kini kian bersahabat di pasar mobil bekas. Tapi ketika sudah mengerucut ke BMW F30, muncul dilema baru: pilih yang 320i atau 328i?
Bagi calon pemilik pertama BMW, apalagi yang sebelumnya hanya pernah memiliki mobil Jepang, perbedaan antara kedua varian ini bisa terasa membingungkan. Mari kita bedah satu per satu, dari performa, biaya perawatan, kenyamanan, hingga karakter masing-masing mobil, untuk menentukan mana yang paling cocok bagi pemilik pertama.
Sekilas, BMW 320i dan 328i terlihat identik dari luar. Namun di balik kap mesinnya, terdapat perbedaan signifikan.
Performa nyata di jalan?
328i tentu terasa lebih bertenaga, terutama di kecepatan menengah ke atas. Akselerasinya lebih spontan dan responsif. Namun untuk kebutuhan kota atau perjalanan harian, 320i sudah sangat cukup dan bahkan lebih halus digunakan di lalu lintas padat.
Meski keduanya menggunakan mesin yang sama, tuning yang lebih agresif di 328i membuatnya sedikit lebih boros. Dalam penggunaan normal:
Bagi pemilik pertama yang ingin transisi mulus dari mobil Jepang ke BMW, 320i menawarkan efisiensi yang lebih bersahabat.
Baca juga: 5 Mobil Bekas Langka yang Tetap Diburu Pembeli
Satu kekhawatiran umum bagi calon pembeli BMW bekas adalah biaya perawatan dan sparepart. Untungnya, karena F30 sudah cukup umum di Indonesia, suku cadang tidak lagi sesulit dulu. Namun tetap ada perbedaan penting:
Catatan untuk pemula:
Jika ini adalah BMW pertama dan belum terlalu akrab dengan perawatan mobil Eropa, 320i lebih ramah untuk belajar. Tidak terlalu kompleks, tidak terlalu agresif.
BMW F30, baik 320i maupun 328i, terkenal dengan pengendaraan yang seimbang antara sporty dan nyaman. Suspensinya terasa solid tanpa membuat pegal. Untuk fitur, tergantung tahun dan tipe, tetapi umumnya:
Namun banyak pemilik F30 melakukan retrofit atau upgrade sendiri. Maka dari itu, jika membeli unit bekas, kondisi aktual mobil lebih penting daripada spesifikasi awal.
Bagi teman Mocil yang tertarik untuk memiliki BMW F30 bekas, Mocil.id menawarkan pilihan simulasi kreditnya. Meskipun saat ini belum ada varian 328i, namun 320i masih bisa menjadi pertimbangan teman Mocil. Berikut rinciannya:
BMW 320I 2.0L F30 SPORT AT 2016
TDP: Rp 41.856.000
Cicilan: Rp 8.568.700/bulan
Tenor: 5 Tahun
Catatan: Harga di atas bergantung pada wilayah unit, transmisi, jarak tempuh, dan sebagainya. Untuk informasi lebih lanjut, cek di sini.
Bagi yang ingin merasakan “sheer driving pleasure” khas BMW, 328i jelas menawarkan sensasi yang lebih dekat. Tarikan kuat, handling tajam, dan tenaga yang terasa penuh bahkan di RPM rendah. Tapi bukan berarti 320i tidak menyenangkan. Justru karena tenaganya lebih jinak, mobil ini terasa lebih mudah dikendalikan dan nyaman untuk pengemudi pemula.
Di sisi lain, 328i bisa terasa “overkill” jika teman Mocil hanya menggunakan mobil untuk dalam kota atau kemacetan. Potensi tenaganya tidak bisa maksimal.
Baca juga: Mobil Pengantin yang Sering Dipilih di Indonesia
BMW F30, baik 320i maupun 328i, adalah pintu masuk ideal ke dunia BMW. Keduanya menawarkan perpaduan gaya, kenyamanan, dan performa dalam paket sedan Eropa yang kini makin terjangkau. Jangan lupa, kondisi unit bekas dan histori servis tetap jauh lebih penting dari sekadar angka tenaga.
Jika teman Mocil tertarik untuk memiliki BMW F30 320i, silakan kunjungi Mocil.id sekarang. Dapatkan voucher transmisi, garansi ac, dan keuntungan menarik lainnya dengan ajukan cicilan di Mocil by DSF!