Filter Pencarian
Icon Back
Semua Lokasi
Icon Back
Semua Tipe
Icon Back
Pilih Model

Pajero Sport Bekas AT vs MT: Ketahui Perbandingannya


Pajero Sport Bekas AT vs MT: Ketahui Perbandingannya

Teman Mocil, kalau kamu sedang mempertimbangkan Mitsubishi Pajero Sport bekas sebagai kendaraan pribadi. Ada salah satu hal yang perlu dipertimbangkan, yaitu transmisinya: otomatis (AT) atau manual (MT). Dua pilihan ini punya karakteristik yang cukup berbeda dan bisa sangat memengaruhi kenyamanan serta ketahanan kendaraan dalam jangka panjang.

Artikel ini akan mengulas perbedaan antara Pajero Sport bekas bertransmisi AT dan MT, berdasarkan data yang ada di pasar Indonesia. Mulai dari tahun dan tipe yang tersedia, karakter berkendara, hingga perawatan dan potensi keawetannya.

Pilihan Transmisi di Pajero Sport Bekas

Sejak generasi pertama yang masuk Indonesia pada pertengahan 2000-an hingga versi facelift terbaru, selalu hadir dengan dua pilihan transmisi. Namun, distribusinya tidak merata.

  • Pajero Sport Manual (MT):
    Transmisi manual umumnya hadir di varian yang lebih fungsional seperti GLX 4×4 MT. Tipe ini biasanya dibekali sistem penggerak empat roda dan lebih difokuskan untuk penggunaan berat, seperti medan tambang, perkebunan, atau off-road. Varian ini lebih banyak dijumpai pada model produksi 2016 hingga sekitar 2019.
  • Pajero Sport Otomatis (AT):
    Transmisi otomatis mendominasi varian menengah hingga tertinggi, seperti Exceed AT, Dakar 4×2/4×4 AT, dan Dakar Ultimate AT. Transmisi otomatis menjadi pilihan mayoritas pembeli, terutama untuk penggunaan harian di perkotaan atau perjalanan antarkota.

 

Baca juga: 4 Alasan Mobil Mitsubishi Pajero Sport Fun To Drive

 

Kenyamanan Berkendara

Transmisi otomatis jelas unggul dari segi kenyamanan, terutama di lalu lintas padat. Pengemudi tidak perlu sering memindahkan gigi secara manual, dan proses akselerasi terasa lebih halus, terutama pada versi Dakar Ultimate yang sudah menggunakan transmisi 8-percepatan otomatis.

Transmisi manual memang lebih rawan capek, terutama dalam kondisi stop-and-go. Namun, sebagian orang tetap menyukai sensasi kontrol penuh yang ditawarkan transmisi manual, terutama saat berkendara di medan berat atau menanjak.

Kesimpulan di segmen ini:

  • AT cocok untuk penggunaan harian dan perjalanan jauh.
  • MT lebih cocok untuk pemilik yang sering berkendara di medan sulit, atau yang mencari daya tahan ekstra.

Konsumsi BBM

Dalam kondisi ideal, transmisi manual biasanya lebih irit bahan bakar karena tidak ada energi yang hilang melalui torque converter seperti di transmisi otomatis. Namun, di unit ini, perbedaannya tidak terlalu besar. Terutama sejak varian AT menggunakan transmisi otomatis 8-speed yang membuat putaran mesin lebih efisien di kecepatan tinggi.

  • MT (Manual):
    Konsumsi BBM bisa mencapai 11–13 km/liter di luar kota.
  • AT (Otomatis):
    Konsumsi BBM rata-rata berkisar di 10–12 km/liter, tergantung gaya berkendara dan beban kendaraan.

Perkiraan konsumsi bensin di atas juga bergantung pada keadaan jalan tiap wilayah. Kalau penggunaan lebih banyak di kota, transmisi AT bisa justru lebih efisien karena perpindahan gigi yang halus dan responsif terhadap kondisi lalu lintas.

Harga Unit Pajero Sport Bekas

pajero sport bekas 2022
Sumber: Listing Mocil.id

Jika teman Mocil tertarik dengan unit Pajero Sport bekas, Mocil.id memiliki beberapa penawaran simulasi kredit yang bisa kamu sesuaikan lho. Berikut di antaranya:

MITSUBISHI PAJERO SPORT 2.4L DAKAR 4X2 AT 2018

TDP: Rp 47.012.500

Cicilan: Rp 9.840.900/bulan

Tenor: 5 Tahun

 

MITSUBISHI PAJERO SPORT DAKKAR TL AT 2021

TDP: Rp 45.987.500

Cicilan: Rp 9.609.600/bulan

Tenor: 5 Tahun

 

MITSUBISHI PAJERO SPORT 2.4 DAKAR AT 2024

TDP: Rp 60.850.000

Cicilan: Rp 12.948.700/bulan

Tenor: 5 Tahun

Catatan: Harga di atas dapat berubah bergantung pada lokasi unit, tahun produksi, dan hal lainnya. Informasi lebih lanjut, cek di sini.

Perawatan dan Biaya Servis

Banyak anggapan bahwa transmisi otomatis lebih mahal perawatannya. Secara umum, itu benar, tapi konteksnya perlu dijelaskan.

  • AT memerlukan penggantian oli transmisi otomatis (ATF) secara berkala, biasanya setiap 40.000–60.000 km tergantung gaya berkendara. Komponen seperti solenoid dan torque converter juga bisa menua dan perlu perhatian ekstra seiring waktu.
  • MT punya struktur mekanis yang lebih sederhana. Penggantian oli transmisi juga diperlukan, namun risikonya lebih rendah terhadap kerusakan akibat panas atau tekanan oli.

Namun demikian, transmisi otomatis Pajero dikenal cukup tangguh jika dirawat sesuai prosedur. Banyak unit AT di pasar mobil bekas yang sudah menempuh 150.000 km ke atas tapi tetap berfungsi normal.

Umur Pakai dan Keawetan

Pertanyaan tentang mana yang lebih tahan lama, AT atau MT sebenarnya tidak bisa dijawab secara mutlak. Kunci utamanya tetap pada perawatan dan gaya pemakaian.

  • Transmisi MT memang lebih minim risiko kerusakan elektronik, namun bisa mengalami keausan pada kopling lebih cepat jika sering digunakan secara agresif atau di jalur menanjak.
  • Transmisi AT membutuhkan servis berkala dan pendinginan yang baik. Jika rutin diservis dan tidak dibiarkan panas berlebih, umurnya bisa panjang.

Unit bekas yang terawat, baik MT maupun AT, bisa bertahan lebih dari 200.000 km tanpa masalah besar. Oleh karena itu, saat memilih unit bekas, fokuslah pada riwayat servis dan kondisi aktual, bukan hanya jenis transmisinya.

 

Baca juga: Perbandingan Pajero Sport dengan SUV Sejenis

 

Pilih Pajero Sport Sesuai Kebutuhan Kamu

Pajero Sport AT dan MT sama-sama punya kelebihan. Transmisi otomatis menawarkan kenyamanan dan teknologi yang lebih modern, sementara transmisi manual memberikan kontrol penuh dan biaya perawatan yang lebih rendah. Teman Mocil bisa pertimbangkan hal berikut:

  • Gunakan untuk harian di kota? Pilih AT.
  • Butuh mobil untuk medan berat dan ingin kepraktisan mekanis? Pilih MT.
  • Cari unit dengan servis rutin dan odometer wajar.
  • Lakukan test drive dan cek riwayat kendaraan sebelum membeli.

Yuk, temukan unit mobil bekas berkualitas yang sesuai kebutuhan kamu di website Mocil.id. Dapatkan juga voucher servis 450RB, garansi transmisi, AC, dan mesin selama 1 tahun, serta promo menarik lainnya!

Artikel Lainnya

Pajero Sport Untuk Towing, Offroad, atau Touring

Pajero Sport Untuk Towing, Offroad, atau Touring

Teman Mocil, kamu lagi cari SUV yang bisa diajak ke mana aja, mulai dari ngangkut barang, melewati jalan rusak, sampai dipakai liburan jauh bareng keluarga? Kalau iya, kamu wajib banget kenalan sama Mitsubishi Pajero Sport. Mobil ini bukan cuma soal tampang gagah aja, tapi juga soal kemampuan yang bisa diandalkan di berbagai kondisi jalan. Mau […]

Rekomendasi Hyundai Creta Bekas di Bawah 300 Juta

Rekomendasi Hyundai Creta Bekas di Bawah 300 Juta

Hyundai Creta bekas kini jadi idaman, dan bisa banget jadi opsi yang patut dipertimbangkan buat teman Mocil yang cari mobil bekas terbaru dengan harga ramah di kantong. Di artikel ini, kita akan bahas varian dan tahun produksi Creta bekas yang harganya masih di bawah 300 juta rupiah dan layak dilirik buat dipakai harian. Creta, SUV […]

Unit Favorit Jual Beli Mobil Bekas Bogor

Unit Favorit Jual Beli Mobil Bekas Bogor

Teman Mocil, jika kamu sedang berburu jual beli mobil bekas di Bogor, percayalah kamu tak sendirian. Meskipun tren kendaraan listrik dan mobil baru terus berkembang, pasar mobil bekas di Kota Hujan ini tetap menggeliat. Transaksi masih terhitung stabil, bahkan cenderung naik di musim tertentu seperti menjelang Lebaran atau akhir tahun. Fenomena ini tentu menarik untuk […]

Daftar Kredit Mobil Bekas Bandung yang Jarang Dibahas

Daftar Kredit Mobil Bekas Bandung yang Jarang Dibahas

Teman Mocil, lagi cari kredit mobil bekas di Bandung? Kamu datang di waktu yang tepat. Pasalnya, tren pembelian mobil bekas lewat sistem kredit di Kota Kembang makin meningkat. Nggak cuma mobil sejuta umat, mobil-mobil yang jarang dibahas pun mulai banyak dilirik. Yuk, kita bahas kenapa Bandung jadi pasar potensial buat kredit mobil bekas dan mobil […]

Mobil Bekas Murah Cicilan Ringan Mulai 3 Jutaan

Mobil Bekas Murah Cicilan Ringan Mulai 3 Jutaan

Teman Mocil, kamu lagi cari mobil bekas murah dengan cicilan ringan mulai Rp3 jutaan per bulan? Artikel ini akan bantu kamu pahami pilihan unitnya di Mocil.id, mulai dari simulasi kredit sampai tips penting sebelum ambil keputusan. Di tengah kebutuhan mobilitas yang makin tinggi, mobil bekas jadi alternatif menarik buat banyak orang. Apalagi buat kamu yang […]

Update Harga Innova Reborn Bekas Rp250 Juta-an

Update Harga Innova Reborn Bekas Rp250 Juta-an

Teman Mocil, kalau kamu sedang cari mobil bekas yang tangguh, kabin lega, dan budgetnya masih bisa dipertimbangkan, harga Innova Reborn bekas jelas jadi salah satu kandidat utama. Tapi, apakah masih bisa dapat unit Innova Reborn dengan harga di bawah Rp250 juta? Jawabannya: bisa, asalkan tahu tahun produksi dan varian apa saja yang sudah masuk di […]

Halo, Selamat Datang Kembali di Mocil!

Masuk dan mulai cari mobil impianmu, atau jual mobil ke Mitra Mocil

Kami menghargai privasi Anda
Kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman penjelajahan Anda, menyajikan iklan atau konten yang dipersonalisasi, dan menganalisis lalu lintas kami. Dengan klik "Terima", Anda menyetujui penggunaan cookie oleh kami. Kebijakan Privasi.

Mobil Favorit