Pajero Sport Bekas AT vs MT: Ketahui Perbandingannya


Pajero Sport Bekas AT vs MT: Ketahui Perbandingannya

Teman Mocil, kalau kamu sedang mempertimbangkan Mitsubishi Pajero Sport bekas sebagai kendaraan pribadi. Ada salah satu hal yang perlu dipertimbangkan, yaitu transmisinya: otomatis (AT) atau manual (MT). Dua pilihan ini punya karakteristik yang cukup berbeda dan bisa sangat memengaruhi kenyamanan serta ketahanan kendaraan dalam jangka panjang.

Artikel ini akan mengulas perbedaan antara Pajero Sport bekas bertransmisi AT dan MT, berdasarkan data yang ada di pasar Indonesia. Mulai dari tahun dan tipe yang tersedia, karakter berkendara, hingga perawatan dan potensi keawetannya.

Pilihan Transmisi di Pajero Sport Bekas

Sejak generasi pertama yang masuk Indonesia pada pertengahan 2000-an hingga versi facelift terbaru, selalu hadir dengan dua pilihan transmisi. Namun, distribusinya tidak merata.

  • Pajero Sport Manual (MT):
    Transmisi manual umumnya hadir di varian yang lebih fungsional seperti GLX 4×4 MT. Tipe ini biasanya dibekali sistem penggerak empat roda dan lebih difokuskan untuk penggunaan berat, seperti medan tambang, perkebunan, atau off-road. Varian ini lebih banyak dijumpai pada model produksi 2016 hingga sekitar 2019.
  • Pajero Sport Otomatis (AT):
    Transmisi otomatis mendominasi varian menengah hingga tertinggi, seperti Exceed AT, Dakar 4×2/4×4 AT, dan Dakar Ultimate AT. Transmisi otomatis menjadi pilihan mayoritas pembeli, terutama untuk penggunaan harian di perkotaan atau perjalanan antarkota.

 

Baca juga: 4 Alasan Mobil Mitsubishi Pajero Sport Fun To Drive

 

Kenyamanan Berkendara

Transmisi otomatis jelas unggul dari segi kenyamanan, terutama di lalu lintas padat. Pengemudi tidak perlu sering memindahkan gigi secara manual, dan proses akselerasi terasa lebih halus, terutama pada versi Dakar Ultimate yang sudah menggunakan transmisi 8-percepatan otomatis.

Transmisi manual memang lebih rawan capek, terutama dalam kondisi stop-and-go. Namun, sebagian orang tetap menyukai sensasi kontrol penuh yang ditawarkan transmisi manual, terutama saat berkendara di medan berat atau menanjak.

Kesimpulan di segmen ini:

  • AT cocok untuk penggunaan harian dan perjalanan jauh.
  • MT lebih cocok untuk pemilik yang sering berkendara di medan sulit, atau yang mencari daya tahan ekstra.

Konsumsi BBM

Dalam kondisi ideal, transmisi manual biasanya lebih irit bahan bakar karena tidak ada energi yang hilang melalui torque converter seperti di transmisi otomatis. Namun, di unit ini, perbedaannya tidak terlalu besar. Terutama sejak varian AT menggunakan transmisi otomatis 8-speed yang membuat putaran mesin lebih efisien di kecepatan tinggi.

  • MT (Manual):
    Konsumsi BBM bisa mencapai 11–13 km/liter di luar kota.
  • AT (Otomatis):
    Konsumsi BBM rata-rata berkisar di 10–12 km/liter, tergantung gaya berkendara dan beban kendaraan.

Perkiraan konsumsi bensin di atas juga bergantung pada keadaan jalan tiap wilayah. Kalau penggunaan lebih banyak di kota, transmisi AT bisa justru lebih efisien karena perpindahan gigi yang halus dan responsif terhadap kondisi lalu lintas.

Harga Unit Pajero Sport Bekas

pajero sport bekas 2022
Sumber: Listing Mocil.id

Jika teman Mocil tertarik dengan unit Pajero Sport bekas, Mocil.id memiliki beberapa penawaran simulasi kredit yang bisa kamu sesuaikan lho. Berikut di antaranya:

MITSUBISHI PAJERO SPORT 2.4L DAKAR 4X2 AT 2018

TDP: Rp 47.012.500

Cicilan: Rp 9.840.900/bulan

Tenor: 5 Tahun

 

MITSUBISHI PAJERO SPORT DAKKAR TL AT 2021

TDP: Rp 45.987.500

Cicilan: Rp 9.609.600/bulan

Tenor: 5 Tahun

 

MITSUBISHI PAJERO SPORT 2.4 DAKAR AT 2024

TDP: Rp 60.850.000

Cicilan: Rp 12.948.700/bulan

Tenor: 5 Tahun

Catatan: Harga di atas dapat berubah bergantung pada lokasi unit, tahun produksi, dan hal lainnya. Informasi lebih lanjut, cek di sini.

Perawatan dan Biaya Servis

Banyak anggapan bahwa transmisi otomatis lebih mahal perawatannya. Secara umum, itu benar, tapi konteksnya perlu dijelaskan.

  • AT memerlukan penggantian oli transmisi otomatis (ATF) secara berkala, biasanya setiap 40.000–60.000 km tergantung gaya berkendara. Komponen seperti solenoid dan torque converter juga bisa menua dan perlu perhatian ekstra seiring waktu.
  • MT punya struktur mekanis yang lebih sederhana. Penggantian oli transmisi juga diperlukan, namun risikonya lebih rendah terhadap kerusakan akibat panas atau tekanan oli.

Namun demikian, transmisi otomatis Pajero dikenal cukup tangguh jika dirawat sesuai prosedur. Banyak unit AT di pasar mobil bekas yang sudah menempuh 150.000 km ke atas tapi tetap berfungsi normal.

Umur Pakai dan Keawetan

Pertanyaan tentang mana yang lebih tahan lama, AT atau MT sebenarnya tidak bisa dijawab secara mutlak. Kunci utamanya tetap pada perawatan dan gaya pemakaian.

  • Transmisi MT memang lebih minim risiko kerusakan elektronik, namun bisa mengalami keausan pada kopling lebih cepat jika sering digunakan secara agresif atau di jalur menanjak.
  • Transmisi AT membutuhkan servis berkala dan pendinginan yang baik. Jika rutin diservis dan tidak dibiarkan panas berlebih, umurnya bisa panjang.

Unit bekas yang terawat, baik MT maupun AT, bisa bertahan lebih dari 200.000 km tanpa masalah besar. Oleh karena itu, saat memilih unit bekas, fokuslah pada riwayat servis dan kondisi aktual, bukan hanya jenis transmisinya.

 

Baca juga: Perbandingan Pajero Sport dengan SUV Sejenis

 

Pilih Pajero Sport Sesuai Kebutuhan Kamu

Pajero Sport AT dan MT sama-sama punya kelebihan. Transmisi otomatis menawarkan kenyamanan dan teknologi yang lebih modern, sementara transmisi manual memberikan kontrol penuh dan biaya perawatan yang lebih rendah. Teman Mocil bisa pertimbangkan hal berikut:

  • Gunakan untuk harian di kota? Pilih AT.
  • Butuh mobil untuk medan berat dan ingin kepraktisan mekanis? Pilih MT.
  • Cari unit dengan servis rutin dan odometer wajar.
  • Lakukan test drive dan cek riwayat kendaraan sebelum membeli.

Yuk, temukan unit mobil bekas berkualitas yang sesuai kebutuhan kamu di website Mocil.id. Dapatkan juga voucher servis 450RB, garansi transmisi, AC, dan mesin selama 1 tahun, serta promo menarik lainnya!

Artikel Lainnya

Honda Brio Bekas Kisaran Rp 150 Juta-an? Cek Di Sini!

Teman Mocil, buat kamu yang lagi cari mobil bekas dengan bahan bakar irit, gesit, dan masih terjangkau harganya di tahun 2025, Honda Brio bekas layak masuk pertimbangan. Apalagi di kisaran harga Rp150 jutaan, kamu sudah bisa mendapatkan Brio dengan kondisi dan fitur yang cukup layak untuk penggunaan harian. Honda Brio jadi salah satu city car […]

Harga Xpander Bekas Masih Jadi Primadona? Simak Faktanya!

Teman Mocil, kalau kamu lagi cari mobil keluarga yang nyaman, irit, dan tampil modern, harga Xpander bekas bisa jadi pilihan yang pas. Tapi, masih layak nggak sih beli Xpander bekas di tahun 2025 ini? Yuk, kita bedah harga dan fitur tiap variannya biar kamu nggak salah pilih. Sejak pertama kali diluncurkan tahun 2017, Mitsubishi Xpander […]

Harga Toyota Rush Bekas: Facelift vs Model Lama

Halo teman Mocil! Lagi cari harga Toyota Rush bekas? Masih ragu mau ambil yang model lama atau yang sudah facelift? Tenang, artikel ini bakal bantu kamu ngebedain keduanya, dari segi tampilan, fitur, sampai harga di pasar mobil bekas. Langsung aja kita bahas tuntas, biar kamu nggak salah pilih! Harga Toyota Rush Bekas: Andalan Keluarga Toyota […]

Panduan Harga Mobil Agya Bekas 2025

Hai teman Mocil, kamu lagi nyari mobil bekas yang hemat bahan bakar, mudah dirawat, dan harganya tetap bersahabat di kantong? Harga mobil Agya bekas bisa jadi jawaban. Tapi sebelum buru-buru menentukan pilihan, yuk simak panduan lengkap ini biar kamu nggak salah pilih. Toyota Agya pertama kali dikenalkan di Indonesia pada tahun 2013 sebagai bagian dari […]

Perbandingan Harga Brio Bekas Tipe Satya dan RS

Teman Mocil, kalau lagi cari mobil bekas yang lincah, irit, dan harganya masih masuk akal, harga Brio bekas pasti jadi salah satu yang sering direkomendasikan. Tapi saat masuk ke showroom atau buka platform mobil bekas, kamu bakal nemu dua tipe yang sering muncul: Brio Satya dan Brio RS. Meski sama-sama mengusung nama Brio, keduanya berada […]

Harga Mobil Ayla Bekas, Masih Layak Buat Harian?

Teman Mocil, lagi nyari mobil harian yang irit dan nggak bikin kantong jebol, mungkin harga mobil Ayla bekas bisa jadi jawaban buat kamu. Tapi wajar juga kalau kamu bertanya-tanya: “Ayla bekas di tahun 2025 masih layak nggak sih buat dipakai sehari-hari?” Yuk kita bahas bareng-bareng. Artikel ini akan bantu kamu melihat dari berbagai sisi: mulai […]

Halo, Selamat Datang Kembali di Mocil!

Masuk dan mulai cari mobil impianmu, atau jual mobil ke Mitra Mocil

Mobil Favorit