Mobil Matic Boros Bensin, Mitos atau Fakta?


Mobil Matic Boros Bensin, Mitos atau Fakta?

Ada kabar yang beredar bahwa mobil matic boros bahan bakar. Membeli kendaraan sejatinya bukan hanya memperhatikan soal harga beli dan fitur-fitur yang dimilikinya. Akan tetapi, calon pemilik kendaraan juga perlu mempertimbangkan biaya rutin yang harus dikeluarkan seperti masalah bahan bakar/bensin.

Sebab, ini adalah biaya yang pasti akan semakin meningkat sejalan dengan meningkatnya penggunaan kendaraan. Hal inilah yang terkadang membuat peminat mobil matic merasa ragu untuk membeli mobil matic.

Benarkah mobil matic boros bahan bakar?

“Mobil matic sekarang mengalahkan mobil manual dalam hal efisiensi bahan bakar.”

edmunds.com

Dilansir dari situs How Stuff Works, dulunya poin ini memang selalu dimenangkan oleh mobil manual. Sebab, mobil manual memiliki jumlah roda gigi yang lebih banyak dibandingkan mobil matic. Banyaknya jumlah roda gigi atau persneling ini berarti mobil dapat melaju dengan kecepatan mesin yang rendah. Artinya, konsumsi bahan bakar mobil hanya sedikit.

Tetapi, situasi sekarang tidak lagi seperti ini. Atas perkembangan teknologi yang kian canggih, mobil-mobil dengan transmisi matic kini punya jumlah roda gigi yang sama atau bahkan lebih banyak daripada mobil manual. Continuously variable transmissions (CVT), nama teknologi tersebut, dapat membuat mobil matic memvariasikan jumlah rasio roda giginya.

Baca Artikel Lainnya: Mobil Manual atau Matic, Mana yang Lebih Baik?

Walhasil, menghemat konsumsi bahan bakar kendaraan. Sebagai contoh, mobil matic Chevrolet Camaro keluaran tahun 2020 mempunyai 8 roda gigi, sementara transmisi manual hanya dilengkapi oleh 6 roda gigi. Mengutip laman Edmunds, fitur ini membuat mobil dengan seri transmisi matic memerlukan 25 mpg (mile per gallon), yang mana lebih irit 8,7% dari seri manualnya.

Biaya lain mobil matic

Selain masalah konsumsi bahan bakar, banyak juga yang menganggap mobil matic boros untuk biaya perawatan dan berbagai hal lain. Hal ini tidak sepenuhnya salah karena dalam kondisi normal mobil dengan transmisi manual memang lebih murah untuk perawatan dan perbaikannya.

Sebab, persneling yang dimilikinya tidak begitu kompleks sehingga lebih mudah untuk dibetulkan. Jika mengerti tiap komponennya pun Anda bisa membetulkannya sendiri. Sebaliknya, transmisi mobil matic umumnya lebih mahal untuk dirawat dan diperbaiki.

Pasalnya, komponen-komponennya cukup kompleks dan perlu dikerjakan oleh mekanik khusus. Meskipun begitu, jika mobil matic dirawat secara rutin dan dikendarai dengan cara yang tepat maka perbaikan yang diperlukan biasanya hanyalah perbaikan kecil yang melibatkan komponen umum, seperti filter, busi, kampas rem, dan sebagainya.

Sehingga biaya perbaikannya juga masih terjangkau dan tidak lebih mahal daripada mobil manual. Selain itu, premi asuransi kendaraan untuk mobil manual biasanya lebih murah daripada mobil matic. Menurut situs Money Supermarket, selisihnya bisa mencapai 20%

Hal ini disebabkan oleh tingkat kompleksitas komponen persneling mobil matic. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa berita mengenai mobil matic boros saat ini hanyalah mitos. Dengan kemajuan teknologi dan didukung perawatan serta cara berkendara yang benar, maka Anda tidak perlu khawatir dengan biaya yang dibutuhkan oleh mobil matic.

Jadi, Anda bisa merasa lebih yakin saat memutuskan untuk membeli mobil bekas dengan transmisi matic di mocil.id.

Artikel Lainnya

Honda Brio Bekas Kisaran Rp 150 Juta-an? Cek Di Sini!

Teman Mocil, buat kamu yang lagi cari mobil bekas dengan bahan bakar irit, gesit, dan masih terjangkau harganya di tahun 2025, Honda Brio bekas layak masuk pertimbangan. Apalagi di kisaran harga Rp150 jutaan, kamu sudah bisa mendapatkan Brio dengan kondisi dan fitur yang cukup layak untuk penggunaan harian. Honda Brio jadi salah satu city car […]

Harga Xpander Bekas Masih Jadi Primadona? Simak Faktanya!

Teman Mocil, kalau kamu lagi cari mobil keluarga yang nyaman, irit, dan tampil modern, harga Xpander bekas bisa jadi pilihan yang pas. Tapi, masih layak nggak sih beli Xpander bekas di tahun 2025 ini? Yuk, kita bedah harga dan fitur tiap variannya biar kamu nggak salah pilih. Sejak pertama kali diluncurkan tahun 2017, Mitsubishi Xpander […]

Harga Toyota Rush Bekas: Facelift vs Model Lama

Halo teman Mocil! Lagi cari harga Toyota Rush bekas? Masih ragu mau ambil yang model lama atau yang sudah facelift? Tenang, artikel ini bakal bantu kamu ngebedain keduanya, dari segi tampilan, fitur, sampai harga di pasar mobil bekas. Langsung aja kita bahas tuntas, biar kamu nggak salah pilih! Harga Toyota Rush Bekas: Andalan Keluarga Toyota […]

Panduan Harga Mobil Agya Bekas 2025

Hai teman Mocil, kamu lagi nyari mobil bekas yang hemat bahan bakar, mudah dirawat, dan harganya tetap bersahabat di kantong? Harga mobil Agya bekas bisa jadi jawaban. Tapi sebelum buru-buru menentukan pilihan, yuk simak panduan lengkap ini biar kamu nggak salah pilih. Toyota Agya pertama kali dikenalkan di Indonesia pada tahun 2013 sebagai bagian dari […]

Perbandingan Harga Brio Bekas Tipe Satya dan RS

Teman Mocil, kalau lagi cari mobil bekas yang lincah, irit, dan harganya masih masuk akal, harga Brio bekas pasti jadi salah satu yang sering direkomendasikan. Tapi saat masuk ke showroom atau buka platform mobil bekas, kamu bakal nemu dua tipe yang sering muncul: Brio Satya dan Brio RS. Meski sama-sama mengusung nama Brio, keduanya berada […]

Harga Mobil Ayla Bekas, Masih Layak Buat Harian?

Teman Mocil, lagi nyari mobil harian yang irit dan nggak bikin kantong jebol, mungkin harga mobil Ayla bekas bisa jadi jawaban buat kamu. Tapi wajar juga kalau kamu bertanya-tanya: “Ayla bekas di tahun 2025 masih layak nggak sih buat dipakai sehari-hari?” Yuk kita bahas bareng-bareng. Artikel ini akan bantu kamu melihat dari berbagai sisi: mulai […]

Halo, Selamat Datang Kembali di Mocil!

Masuk dan mulai cari mobil impianmu, atau jual mobil ke Mitra Mocil

Mobil Favorit