Filter Pencarian
Icon Back
Semua Lokasi
Icon Back
Semua Tipe
Icon Back
Pilih Model

Mobil Matic Boros Bensin, Mitos atau Fakta?


Mobil Matic Boros Bensin, Mitos atau Fakta?

Ada kabar yang beredar bahwa mobil matic boros bahan bakar. Membeli kendaraan sejatinya bukan hanya memperhatikan soal harga beli dan fitur-fitur yang dimilikinya. Akan tetapi, calon pemilik kendaraan juga perlu mempertimbangkan biaya rutin yang harus dikeluarkan seperti masalah bahan bakar/bensin.

Sebab, ini adalah biaya yang pasti akan semakin meningkat sejalan dengan meningkatnya penggunaan kendaraan. Hal inilah yang terkadang membuat peminat mobil matic merasa ragu untuk membeli mobil matic.

Benarkah mobil matic boros bahan bakar?

“Mobil matic sekarang mengalahkan mobil manual dalam hal efisiensi bahan bakar.”

edmunds.com

Dilansir dari situs How Stuff Works, dulunya poin ini memang selalu dimenangkan oleh mobil manual. Sebab, mobil manual memiliki jumlah roda gigi yang lebih banyak dibandingkan mobil matic. Banyaknya jumlah roda gigi atau persneling ini berarti mobil dapat melaju dengan kecepatan mesin yang rendah. Artinya, konsumsi bahan bakar mobil hanya sedikit.

Tetapi, situasi sekarang tidak lagi seperti ini. Atas perkembangan teknologi yang kian canggih, mobil-mobil dengan transmisi matic kini punya jumlah roda gigi yang sama atau bahkan lebih banyak daripada mobil manual. Continuously variable transmissions (CVT), nama teknologi tersebut, dapat membuat mobil matic memvariasikan jumlah rasio roda giginya.

Baca Artikel Lainnya: Mobil Manual atau Matic, Mana yang Lebih Baik?

Walhasil, menghemat konsumsi bahan bakar kendaraan. Sebagai contoh, mobil matic Chevrolet Camaro keluaran tahun 2020 mempunyai 8 roda gigi, sementara transmisi manual hanya dilengkapi oleh 6 roda gigi. Mengutip laman Edmunds, fitur ini membuat mobil dengan seri transmisi matic memerlukan 25 mpg (mile per gallon), yang mana lebih irit 8,7% dari seri manualnya.

Biaya lain mobil matic

Selain masalah konsumsi bahan bakar, banyak juga yang menganggap mobil matic boros untuk biaya perawatan dan berbagai hal lain. Hal ini tidak sepenuhnya salah karena dalam kondisi normal mobil dengan transmisi manual memang lebih murah untuk perawatan dan perbaikannya.

Sebab, persneling yang dimilikinya tidak begitu kompleks sehingga lebih mudah untuk dibetulkan. Jika mengerti tiap komponennya pun Anda bisa membetulkannya sendiri. Sebaliknya, transmisi mobil matic umumnya lebih mahal untuk dirawat dan diperbaiki.

Pasalnya, komponen-komponennya cukup kompleks dan perlu dikerjakan oleh mekanik khusus. Meskipun begitu, jika mobil matic dirawat secara rutin dan dikendarai dengan cara yang tepat maka perbaikan yang diperlukan biasanya hanyalah perbaikan kecil yang melibatkan komponen umum, seperti filter, busi, kampas rem, dan sebagainya.

Sehingga biaya perbaikannya juga masih terjangkau dan tidak lebih mahal daripada mobil manual. Selain itu, premi asuransi kendaraan untuk mobil manual biasanya lebih murah daripada mobil matic. Menurut situs Money Supermarket, selisihnya bisa mencapai 20%

Hal ini disebabkan oleh tingkat kompleksitas komponen persneling mobil matic. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa berita mengenai mobil matic boros saat ini hanyalah mitos. Dengan kemajuan teknologi dan didukung perawatan serta cara berkendara yang benar, maka Anda tidak perlu khawatir dengan biaya yang dibutuhkan oleh mobil matic.

Jadi, Anda bisa merasa lebih yakin saat memutuskan untuk membeli mobil bekas dengan transmisi matic di mocil.id.

Artikel Lainnya

Harga Avanza Veloz Bekas, Sepadankah Untuk Pemakaian Intens

Harga Avanza Veloz Bekas, Sepadankah Untuk Pemakaian Intens

Sebagai salah satu mobil keluarga paling populer di Indonesia, Toyota Avanza telah mengalami banyak evolusi sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2003. Dari sekian banyak variannya, Avanza Veloz menonjol sebagai versi paling stylish dan premium dibandingkan varian Avanza standar. Dengan desain lebih modern, fitur lebih lengkap, dan kesan lebih “berkelas”, Veloz kerap jadi pilihan bagi […]

Toyota Agya 2024 untuk Pemula, Amankah?

Toyota Agya 2024 untuk Pemula, Amankah?

Toyota Agya 2024 hadir sebagai salah satu pilihan mobil entry-level yang banyak dilirik oleh berbagai kalangan, terutama bagi pengemudi pemula. Bahkan dalam kondisi bekas sekalipun, Agya masih sering jadi incaran. Walaupun saat ini belum ada keluaran tahun 2024 di Mocil.id, namun generasi Toyota Agya dari tahun sebelumnya tentu tak kalah menarik. Yuk, mari kita kupas […]

Harga Mobil Ayla Baru vs Bekas: Pilih yang Mana?

Harga Mobil Ayla Baru vs Bekas: Pilih yang Mana?

Daihatsu Ayla, sebagai city car andalan dari segmen LCGC (Low Cost Green Car), telah menjadi pilihan favorit masyarakat Indonesia sejak pertama kali diluncurkan. Harganya yang terjangkau, perawatan mudah, dan konsumsi bahan bakar irit membuat Ayla banyak diburu. Tapi menariknya, dalam beberapa tahun terakhir, semakin banyak orang yang justru melirik Ayla bekas dibanding membeli unit baru. […]

Innova Zenix vs Xpander Ultimate 2024: Mana yang Worth It

Innova Zenix vs Xpander Ultimate 2024: Mana yang Worth It

Dua nama besar yang sering muncul ketika mencari mobil keluarga bekas yang nyaman serta luas adalah Toyota Innova Zenix dan Xpander Ultimate 2024. Keduanya mewakili segmen yang sama, yaitu MPV modern, tetapi hadir dengan pendekatan yang sangat berbeda. Di satu sisi, Xpander Ultimate menawarkan desain atraktif, harga lebih terjangkau, dan fitur lengkap. Di sisi lain, […]

Tips Jual Mobil Bekas Keluarga Berkapasitas 7-Seater

Tips Jual Mobil Bekas Keluarga Berkapasitas 7-Seater

Benarkah Jual Mobil Bekas 7-Seater Susah? Jual mobil bekas berkapasitas 7 penumpang atau biasa disebut mobil keluarga besar (7-seater) masih menjadi incaran di pasar otomotif Indonesia. Kendaraan ini cocok untuk keluarga besar, usaha travel kecil, hingga operasional kantor. Namun menariknya, meskipun tingkat permintaan tinggi, banyak penjual justru gagal menjualnya dengan cepat atau harga yang optimal. […]

Jarang Disadari, Fitur HRV Prestige yang Tak Ada di Varian Baru

Jarang Disadari, Fitur HRV Prestige yang Tak Ada di Varian Baru

Banyak penggemar otomotif Indonesia menilai bahwa setiap generasi mobil baru pasti lebih unggul dari pendahulunya. Namun, anggapan ini tak selalu benar, terutama jika kita bicara soal Honda HR-V. Ketika Honda meluncurkan generasi terbaru HR-V di tahun 2022 dengan tipe RS sebagai varian tertingginya, banyak orang langsung menilai inilah versi terbaik dari HR-V. Tapi tunggu dulu, […]

Halo, Selamat Datang Kembali di Mocil!

Masuk dan mulai cari mobil impianmu, atau jual mobil ke Mitra Mocil

Kami menghargai privasi Anda
Kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman penjelajahan Anda, menyajikan iklan atau konten yang dipersonalisasi, dan menganalisis lalu lintas kami. Dengan klik "Terima", Anda menyetujui penggunaan cookie oleh kami. Kebijakan Privasi.

Mobil Favorit