Menjelang akhir tahun 2025, banyak calon pembeli mobil bekas mulai melirik harga mobil HRV 2018 karena harganya kini makin menggoda. Kalau di pertengahan 2024 harga HR-V 2018 Prestige masih bertahan di kisaran Rp 230–250 jutaan, kini sudah banyak unit dijual di bawah Rp 190 juta, bahkan ada yang Rp 170 jutaan tergantung kondisi dan lokasi.
Tapi, kenapa sih harganya bisa turun sejauh itu padahal model ini masih terlihat modern dan irit BBM? Yuk, kita bahas faktor-faktor tersembunyi yang jarang diungkap!
Sejak HR-V generasi terbaru meluncur di 2022 dan makin populer di 2024–2025, banyak pemilik lama menjual unit mereka. Akibatnya, pasokan HR-V 2018 di pasar mobil bekas jadi melimpah, otomatis harga turun karena supply lebih besar dari demand.
Varian 1.8 Prestige yang dulu diincar kini bisa ditekan oleh versi baru bermesin turbo yang lebih modern.
Mobil berusia 7 tahun biasanya mulai “masuk masa ganti tangan kedua”. Di rentang harga Rp 160–270 jutaan, kini sudah bersaing ketat dengan BR-V 2020, Creta 2022, atau Raize 2023 bekas yang usianya lebih muda dan masih garansi.
Akibatnya, HR-V 2018 jadi terlihat “tua di atas kertas” meski sebenarnya masih tangguh.
Baca juga: Harga Mobil HRV 2018 Bekas, Cicilannya Mulai 4 Jutaan!
Baca juga: Kelebihan HRV Prestige 1.8L untuk Penggunaan Harian
Banyak pemilik lama HR-V yang mulai menjual karena biaya tahunan (pajak, asuransi, dan perawatan CVT) mulai terasa. Khusus varian 1.8 Prestige, biaya pajak bisa tembus di atas Rp 4 jutaan per tahun tergantung daerah.
Faktor ini bikin pembeli lebih memilih varian 1.5 E atau S yang pajaknya lebih ringan.
Dealer dan showroom mobil bekas biasanya menurunkan harga menjelang pergantian tahun agar stok 2025 bisa cepat keluar sebelum masuk unit 2026. Bulan Oktober–Desember jadi waktu emas bagi pembeli karena banyak promo “Year End Sale”.
Bahkan beberapa platform jual-beli mencatat penurunan harga HR-V 2018 hingga 5–10 juta dibandingkan kuartal sebelumnya.
Tren mobil hybrid makin naik di 2025. Calon pembeli yang awalnya mengincar HR-V 2018 kini mulai tertarik dengan opsi HR-V e: HEV 2022 atau Yaris Cross Hybrid, meskipun lebih mahal. Permintaan turun = harga HR-V 2018 bekas pun ikut melemah di akhir tahun ini.
Berikut Adalah simulasi kredit harga mobil HRV 2018 bekas dengan tenor 60 bulan yang ada di Mocil.id.
| Unit | TDP | Cicilan | Lokasi Unit |
| Honda HR-V 1.5L E Automatic 2018 | Rp 24.225.600 | Rp 4.633.500 | Semarang |
| Honda HR-V 1.5L E Special Edition Automatic 2018 | Rp 25.779.300 | Rp 5.040.500 | Sidoarjo |
| Honda HR-V 1.8L Prestige Automatic 2018 | Rp 31.036.500 | Rp 6.172.700 | Medan |
| Honda HR-V 1.8L Prestige Automatic 2018 | Rp 28.362.000 | Rp 5.571.300 | Jakarta Utara |
| Honda HR-V 1.8L Prestige Automatic 2018 | Rp 28.050.600 | Rp 5.501.800 | Jakarta Barat |
Note: Harga bisa berbeda tergantung kondisi unit, kilometer, riwayat servis, dan lokasi penjualan. Unit Honda dengan catatan servis resmi biasanya punya nilai jual lebih tinggi.
Untuk perhitungan akurat, kamu bisa langsung coba simulasi kredit di Mocil.id.
Kalau kamu lagi cari SUV bekas bergaya modern dengan kenyamanan khas Honda, HR-V 2018 masih sangat layak. Penurunan harga ini bukan karena performa menurun, tapi lebih karena dinamika pasar dan perilaku pembeli.
Selama unitnya riwayat servis lengkap, transmisi CVT halus, dan bodi terawat, kamu bisa dapat HR-V 2018 kondisi bagus di bawah Rp 190 jutaan, harga yang sulit didapat beberapa bulan lalu. Untuk lebih lengkap silahkan kunjungi Mocil.id.
Baca juga: Jarang Disadari, Fitur HRV Prestige yang Tak Ada di Varian Baru
Baca juga: Harga Honda BRV Bekas Sesuai Tipe
Kisaran harga Rp 160–270 jutaan tergantung varian dan kondisi. Varian 1.5 E manual sekitar Rp 170 jutaan, sedangkan Prestige 1.8 CVT sekitar Rp 215–270 jutaan di kota besar.
Ya. Varian 1.5 L bisa mencapai 14–16 km/liter di dalam kota dan 18–20 km/liter di tol jika dirawat baik.
Beberapa pengguna melaporkan getaran di idle, bunyi kaki-kaki, dan biaya servis CVT yang relatif lebih tinggi dibanding mobil LCGC. Namun, jika dirawat rutin di bengkel resmi, masih sangat nyaman.
Unit produksi 2018 akhir biasanya paling ideal: sudah minor improvement, harga sudah turun, tapi kondisi masih relatif muda.