Teman mocil, jika kamu sedang mencari mobil kecil yang praktis, irit, dan punya fitur cukup lengkap, mobil Sirion keluaran Daihatsu bisa jadi pertimbangan. Namun, satu pertanyaan penting yang sering muncul adalah: “Apakah Sirion hanya cocok untuk dalam kota saja, atau masih nyaman digunakan di jalan tol dan luar kota?”
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita ulas secara menyeluruh bagaimana impresi berkendara Daihatsu Sirion, baik di perkotaan maupun di jalan tol. Artikel ini akan membahas dari sisi handling, performa mesin, kenyamanan kabin, hingga simulasi kreditnya di Mocil.id.
Daihatsu Sirion hadir sebagai hatchback dengan dimensi yang ringkas. Panjangnya sekitar 3,9 meter dengan lebar tak sampai 1,7 meter. Ukuran ini memang sangat ideal untuk manuver di jalan-jalan sempit kota besar seperti Jakarta atau Surabaya. Radius putarnya pun hanya sekitar 4,9 meter, sehingga sangat membantu saat harus parkir di ruang terbatas atau melakukan putar balik di jalan kecil.
Saat diuji di lalu lintas perkotaan yang padat, Sirion terasa gesit. Setirnya ringan dan responsif, membuat pengemudi pemula pun merasa percaya diri. Bantingan suspensinya cukup empuk untuk ukuran city car, meskipun ketika melewati polisi tidur atau lubang kecil, guncangan tetap terasa, sesuatu yang wajar untuk mobil dengan ground clearance sedang.
Baca juga: 5 Hal Yang Membuat Mobil Daihatsu Sirion Disukai Anak Muda
Daihatsu Sirion dibekali mesin 1.3L berkode 1NR-VE Dual VVT-i yang sama dengan milik Toyota Avanza generasi sebelumnya. Mesin ini menghasilkan tenaga sekitar 95 PS dan torsi 119 Nm. Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi CVT (pada versi terbaru), yang menggantikan transmisi otomatis konvensional pada model sebelumnya.
Untuk pemakaian dalam kota, tenaga mesin terasa cukup. Akselerasi dari kecepatan rendah sangat halus dan progresif berkat karakter CVT. Namun, ketika membutuhkan lonjakan tenaga secara tiba-tiba, misalnya saat menyalip di jalan tol performanya terasa agak tertahan. Mesin harus berputar tinggi terlebih dahulu sebelum tenaganya terasa keluar. Ini bisa menimbulkan sedikit keterlambatan respons.
Namun, karakter ini memang menjadi ciri khas dari CVT, bukan kekurangan khusus dari mobil Sirion saja. Di sisi positifnya, konsumsi bahan bakar jadi lebih lho!
Saat diajak melaju di jalan tol dengan kecepatan 80–100 km/jam, Daihatsu Sirion masih tergolong stabil. Setir mulai terasa lebih berat dibandingkan saat di kecepatan rendah, memberikan rasa aman bagi pengemudi. Suspensinya cukup mampu menahan efek limbung ketika mobil bermanuver atau berpindah lajur.
Namun, pada kecepatan di atas 100 km/jam, barulah terasa bahwa ini memang mobil ringan. Bobot kosongnya sekitar 1 ton, membuat Sirion rentan terkena efek angin samping, terutama saat berpapasan dengan kendaraan besar seperti truk atau bus. Dalam kondisi ini, pengemudi harus lebih fokus menjaga arah laju kendaraan agar tetap stabil.
Kekedapan kabin juga patut dicatat. Meski cukup baik untuk kelasnya, suara angin dan ban mulai masuk ke dalam kabin saat kecepatan tinggi. Ini mungkin bisa diatasi dengan tambahan peredam aftermarket jika kenyamanan menjadi prioritas utama.
Bagi teman Mocil yang tertarik, kami menyediakan simulasi kredit mobil Sirion yang bisa kamu cek di bawah:
Daihatsu Sirion 1.3L Automatic 2015
TDP: Rp 14.845.500
Cicilan: Rp 2.504.700/bulan
Tenor: 5 Tahun
DAIHATSU SIRION 1.3L RS AT 2016
TDP: Rp 16.762.500
Cicilan: Rp 2.924.300/bulan
Tenor: 5 Tahun
Catatan: Harga di atas dapat berubah-ubah bergantung pada lokasi unit, tahun produksi, dan hal lainnya. Untuk informasi lebih lanjut, cek di sini.
Untuk ukuran city car, interior Daihatsu Sirion cukup mengesankan. Posisi duduk pengemudi ergonomis dan dilengkapi dengan pengaturan tilt steering. Kursinya juga sudah menggunakan bahan fabric dengan busa yang lumayan empuk, cukup untuk perjalanan pendek hingga menengah.
Fitur yang ditawarkan pun tergolong lengkap. Terdapat head unit layar sentuh, kamera mundur, sensor parkir, hingga hill start assist dan vehicle stability control. Fitur-fitur ini umumnya jarang ditemui di mobil sekelas Sirion dan sangat berguna, baik saat berkendara di kota maupun di tol yang padat.
Ruang kaki dan kepala juga cukup lega, meski bagasi tergolong sedang. Untuk penggunaan harian seperti ke kantor, kampus, atau ke pusat perbelanjaan, kenyamanan dan kelapangan kabin mobil Sirion patut diapresiasi.
Mobil Sirion dikenal cukup irit bahan bakar. Untuk penggunaan dalam kota dengan kondisi lalu lintas bervariasi, konsumsi rata-rata berkisar di angka 13–15 km/liter (*bergantung kebutuhan mobil). Sedangkan saat digunakan di jalan tol dengan kecepatan konstan, angkanya bisa menyentuh 18–20 km/liter, tergantung beban dan gaya mengemudi.
Mesin 1.3L dengan CVT memang dirancang lebih mengutamakan efisiensi dibanding performa. Jadi, untuk teman Mocil yang mencari mobil irit dan tidak terlalu sering melaju kencang di jalan tol, Sirion bisa menjadi pilihan rasional.
Baca juga: Mobil Daihatsu Sirion dan Kelebihannya
Secara keseluruhan, Daihatsu Sirion menunjukkan performa yang baik di medan perkotaan. Ia lincah, irit, nyaman, dan memiliki fitur keselamatan yang cukup lengkap. Untuk penggunaan di jalan tol atau luar kota, Sirion masih bisa diandalkan, meski dengan beberapa catatan terutama soal performa mesin yang tidak eksplosif dan kestabilan di kecepatan tinggi yang terbatas karena bobotnya yang ringan.
Jika kebutuhan teman Mocil adalah mobil kompak untuk harian dengan sesekali perjalanan ke luar kota, Sirion layak dipertimbangkan. Mocil.id menawarkan beberapa unit bekas Sirion yang bisa langsung kamu cek di website Mocil.id sekarang! Dapatkan promo & voucher serta garansi hingga 1 tahun.
Semoga ulasan ini membantu teman Mocil dalam mempertimbangkan mobil yang sesuai dengan kebutuhan kamu ya.