Mobil Sirion, Lincah di Kota Tapi Aman di Tol?


Mobil Sirion, Lincah di Kota Tapi Aman di Tol?

Teman mocil, jika kamu sedang mencari mobil kecil yang praktis, irit, dan punya fitur cukup lengkap, mobil Sirion keluaran Daihatsu bisa jadi pertimbangan. Namun, satu pertanyaan penting yang sering muncul adalah: “Apakah Sirion hanya cocok untuk dalam kota saja, atau masih nyaman digunakan di jalan tol dan luar kota?”

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita ulas secara menyeluruh bagaimana impresi berkendara Daihatsu Sirion, baik di perkotaan maupun di jalan tol. Artikel ini akan membahas dari sisi handling, performa mesin, kenyamanan kabin, hingga simulasi kreditnya di Mocil.id.

Dimensi Kompak, Tapi Manuver Tajam

Daihatsu Sirion hadir sebagai hatchback dengan dimensi yang ringkas. Panjangnya sekitar 3,9 meter dengan lebar tak sampai 1,7 meter. Ukuran ini memang sangat ideal untuk manuver di jalan-jalan sempit kota besar seperti Jakarta atau Surabaya. Radius putarnya pun hanya sekitar 4,9 meter, sehingga sangat membantu saat harus parkir di ruang terbatas atau melakukan putar balik di jalan kecil.

Saat diuji di lalu lintas perkotaan yang padat, Sirion terasa gesit. Setirnya ringan dan responsif, membuat pengemudi pemula pun merasa percaya diri. Bantingan suspensinya cukup empuk untuk ukuran city car, meskipun ketika melewati polisi tidur atau lubang kecil, guncangan tetap terasa, sesuatu yang wajar untuk mobil dengan ground clearance sedang.

 

Baca juga: 5 Hal Yang Membuat Mobil Daihatsu Sirion Disukai Anak Muda

 

Performa Mesin 1.3L: Cukup untuk Harian, Tapi Tidak Lebih

Daihatsu Sirion dibekali mesin 1.3L berkode 1NR-VE Dual VVT-i yang sama dengan milik Toyota Avanza generasi sebelumnya. Mesin ini menghasilkan tenaga sekitar 95 PS dan torsi 119 Nm. Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi CVT (pada versi terbaru), yang menggantikan transmisi otomatis konvensional pada model sebelumnya.

Untuk pemakaian dalam kota, tenaga mesin terasa cukup. Akselerasi dari kecepatan rendah sangat halus dan progresif berkat karakter CVT. Namun, ketika membutuhkan lonjakan tenaga secara tiba-tiba, misalnya saat menyalip di jalan tol performanya terasa agak tertahan. Mesin harus berputar tinggi terlebih dahulu sebelum tenaganya terasa keluar. Ini bisa menimbulkan sedikit keterlambatan respons.

Namun, karakter ini memang menjadi ciri khas dari CVT, bukan kekurangan khusus dari mobil Sirion saja. Di sisi positifnya, konsumsi bahan bakar jadi lebih lho!

Bagaimana Mobil Sirion di Jalan Tol?

Saat diajak melaju di jalan tol dengan kecepatan 80–100 km/jam, Daihatsu Sirion masih tergolong stabil. Setir mulai terasa lebih berat dibandingkan saat di kecepatan rendah, memberikan rasa aman bagi pengemudi. Suspensinya cukup mampu menahan efek limbung ketika mobil bermanuver atau berpindah lajur.

Namun, pada kecepatan di atas 100 km/jam, barulah terasa bahwa ini memang mobil ringan. Bobot kosongnya sekitar 1 ton, membuat Sirion rentan terkena efek angin samping, terutama saat berpapasan dengan kendaraan besar seperti truk atau bus. Dalam kondisi ini, pengemudi harus lebih fokus menjaga arah laju kendaraan agar tetap stabil.

Kekedapan kabin juga patut dicatat. Meski cukup baik untuk kelasnya, suara angin dan ban mulai masuk ke dalam kabin saat kecepatan tinggi. Ini mungkin bisa diatasi dengan tambahan peredam aftermarket jika kenyamanan menjadi prioritas utama.

Mobil Sirion 2016 Bekas
Sumber: Listing Mocil.id

Unit Bekas Mobil Sirion

Bagi teman Mocil yang tertarik, kami menyediakan simulasi kredit mobil Sirion yang bisa kamu cek di bawah:

Daihatsu Sirion 1.3L Automatic 2015

TDP: Rp 14.845.500

Cicilan: Rp 2.504.700/bulan

Tenor: 5 Tahun

 

DAIHATSU SIRION 1.3L RS AT 2016

TDP: Rp 16.762.500

Cicilan: Rp 2.924.300/bulan

Tenor: 5 Tahun

Catatan: Harga di atas dapat berubah-ubah bergantung pada lokasi unit, tahun produksi, dan hal lainnya. Untuk informasi lebih lanjut, cek di sini.

Kenyamanan Kabin dan Fitur Berkendara

Untuk ukuran city car, interior Daihatsu Sirion cukup mengesankan. Posisi duduk pengemudi ergonomis dan dilengkapi dengan pengaturan tilt steering. Kursinya juga sudah menggunakan bahan fabric dengan busa yang lumayan empuk, cukup untuk perjalanan pendek hingga menengah.

Fitur yang ditawarkan pun tergolong lengkap. Terdapat head unit layar sentuh, kamera mundur, sensor parkir, hingga hill start assist dan vehicle stability control. Fitur-fitur ini umumnya jarang ditemui di mobil sekelas Sirion dan sangat berguna, baik saat berkendara di kota maupun di tol yang padat.

Ruang kaki dan kepala juga cukup lega, meski bagasi tergolong sedang. Untuk penggunaan harian seperti ke kantor, kampus, atau ke pusat perbelanjaan, kenyamanan dan kelapangan kabin mobil Sirion patut diapresiasi.

Konsumsi BBM: Irit di Kota, Cukup Efisien di Tol

Mobil Sirion dikenal cukup irit bahan bakar. Untuk penggunaan dalam kota dengan kondisi lalu lintas bervariasi, konsumsi rata-rata berkisar di angka 13–15 km/liter (*bergantung kebutuhan mobil). Sedangkan saat digunakan di jalan tol dengan kecepatan konstan, angkanya bisa menyentuh 18–20 km/liter, tergantung beban dan gaya mengemudi.

Mesin 1.3L dengan CVT memang dirancang lebih mengutamakan efisiensi dibanding performa. Jadi, untuk teman Mocil yang mencari mobil irit dan tidak terlalu sering melaju kencang di jalan tol, Sirion bisa menjadi pilihan rasional.

 

Baca juga: Mobil Daihatsu Sirion dan Kelebihannya

 

Mobil Kota yang Masih Bisa Diandalkan

Secara keseluruhan, Daihatsu Sirion menunjukkan performa yang baik di medan perkotaan. Ia lincah, irit, nyaman, dan memiliki fitur keselamatan yang cukup lengkap. Untuk penggunaan di jalan tol atau luar kota, Sirion masih bisa diandalkan, meski dengan beberapa catatan  terutama soal performa mesin yang tidak eksplosif dan kestabilan di kecepatan tinggi yang terbatas karena bobotnya yang ringan.

Jika kebutuhan teman Mocil adalah mobil kompak untuk harian dengan sesekali perjalanan ke luar kota, Sirion layak dipertimbangkan. Mocil.id menawarkan beberapa unit bekas Sirion yang bisa langsung kamu cek di website Mocil.id sekarang! Dapatkan promo & voucher serta garansi hingga 1 tahun.

Semoga ulasan ini membantu teman Mocil dalam mempertimbangkan mobil yang sesuai dengan kebutuhan kamu ya.

Artikel Lainnya

Honda Brio Bekas Kisaran Rp 150 Juta-an? Cek Di Sini!

Teman Mocil, buat kamu yang lagi cari mobil bekas dengan bahan bakar irit, gesit, dan masih terjangkau harganya di tahun 2025, Honda Brio bekas layak masuk pertimbangan. Apalagi di kisaran harga Rp150 jutaan, kamu sudah bisa mendapatkan Brio dengan kondisi dan fitur yang cukup layak untuk penggunaan harian. Honda Brio jadi salah satu city car […]

Harga Xpander Bekas Masih Jadi Primadona? Simak Faktanya!

Teman Mocil, kalau kamu lagi cari mobil keluarga yang nyaman, irit, dan tampil modern, harga Xpander bekas bisa jadi pilihan yang pas. Tapi, masih layak nggak sih beli Xpander bekas di tahun 2025 ini? Yuk, kita bedah harga dan fitur tiap variannya biar kamu nggak salah pilih. Sejak pertama kali diluncurkan tahun 2017, Mitsubishi Xpander […]

Harga Toyota Rush Bekas: Facelift vs Model Lama

Halo teman Mocil! Lagi cari harga Toyota Rush bekas? Masih ragu mau ambil yang model lama atau yang sudah facelift? Tenang, artikel ini bakal bantu kamu ngebedain keduanya, dari segi tampilan, fitur, sampai harga di pasar mobil bekas. Langsung aja kita bahas tuntas, biar kamu nggak salah pilih! Harga Toyota Rush Bekas: Andalan Keluarga Toyota […]

Panduan Harga Mobil Agya Bekas 2025

Hai teman Mocil, kamu lagi nyari mobil bekas yang hemat bahan bakar, mudah dirawat, dan harganya tetap bersahabat di kantong? Harga mobil Agya bekas bisa jadi jawaban. Tapi sebelum buru-buru menentukan pilihan, yuk simak panduan lengkap ini biar kamu nggak salah pilih. Toyota Agya pertama kali dikenalkan di Indonesia pada tahun 2013 sebagai bagian dari […]

Perbandingan Harga Brio Bekas Tipe Satya dan RS

Teman Mocil, kalau lagi cari mobil bekas yang lincah, irit, dan harganya masih masuk akal, harga Brio bekas pasti jadi salah satu yang sering direkomendasikan. Tapi saat masuk ke showroom atau buka platform mobil bekas, kamu bakal nemu dua tipe yang sering muncul: Brio Satya dan Brio RS. Meski sama-sama mengusung nama Brio, keduanya berada […]

Harga Mobil Ayla Bekas, Masih Layak Buat Harian?

Teman Mocil, lagi nyari mobil harian yang irit dan nggak bikin kantong jebol, mungkin harga mobil Ayla bekas bisa jadi jawaban buat kamu. Tapi wajar juga kalau kamu bertanya-tanya: “Ayla bekas di tahun 2025 masih layak nggak sih buat dipakai sehari-hari?” Yuk kita bahas bareng-bareng. Artikel ini akan bantu kamu melihat dari berbagai sisi: mulai […]

Halo, Selamat Datang Kembali di Mocil!

Masuk dan mulai cari mobil impianmu, atau jual mobil ke Mitra Mocil

Mobil Favorit